CARA GAMPANG BELANJA DI SIPLah KEMDIKBUD
Pada dasarnya belanja menggunakan SIPlah caranya sama saja seperti belanja online di aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, Lazada atau yang lainnya. Bagi Anda yang sudah terbiasa belanja online bahkan sudah menjadi hobi tentu tidak akan kesulitan belanja di sistem SIPlah.
Postingan kali ini saya akan berbagi kepada Anda khususnya bagi Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, serta Petugas Pangadaan Barang dan Jasa (PBJ). Panduan ini merupakan langkah praktis gampang / mudah yang akan memberikan gambaran umum apa itu SIPLah sekaligus tutorial langkah belanja melaui SIPLah Kemendikbud
Inilah adalah 9 Langkah Cara Gampang Belanja di SIPLah Kemdikbud
1. DAFTAR AKUN SIPLah
Ya yang pertama harus memliki akun siplah. Akun ini akan digunakan untuk login. Sekolah tidak perlu mendaftar secara manual pada masing-masing mitra SIPlah karena data sudah Dapodik. Sistem SIPlah sudah menerapkan teknologi Singgle Sign ON (SSO), mudahnya satu akun username dapat digunakan untuk login di berbagai aplikasi. Untuk cara membuat akun agar bisa login di SIPlah silahkan baca: Mengisikan PBJ Pada Dapodik Sesuai SK
2. PILIH MITRA SIPLah di Al-Kahfi Store / Global Tasik Store
SIPLah Blibi (PT. Global Digital Niaga) alamat link https://siplah.blibli.com/
atau klik link di bawah ini :
Global Tasik Store atau Al-Kahfi Store
3. LOGIN SIPLah
Untuk memulai belanja online di siplah tentunya Anda harus login terlebih dahulu. Akun yang dapat digunakan untuk login siplah adalah akun SSO yang sudah tersinkron di dapodik, yaitu akun Kepala Sekolah, Bendahara, dan Akun Guru yang memiliki tugas tambahan sebagai PBJ Sekolah
![]() |
Tombol login siplah Blibi |
4. LAKUKAN PEMESANAN
Setelah Anda berhasil login silahkan gunakan fitur kotak pencarian untuk mencari barang yang akan dibeli. Selain menggunakan fitur kotak pencarian, gunakan pilihan kategori produk untuk mempermudah Anda dalam menemukan barang yang dicari.
Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemesanan adalah sesuai dengan Permendikbud No.14 Tahun 2020, Sekolah wajib melakukan perbandingan, Jika transaksi tersebut sebagai berikut:
- Transaksi diatas 50 Juta s.d 200 Juta (wajib Perbandingan minimal 2 Penyedia)
- Transaksi diatas 200 Juta (wajib Perbandingan minimal 3 Penyedia)
Disini Anda dapat melakukan perbandingan penawaran barang sesuai dengan spesifikasi teknis, dan Harga barang. Selanjutnya lakukan pemesanan kepada penyedia melalui mitra siplah.
Sebelum Anda klik OK untuk memesan pastikan dulu produk dan alamat pengiriman sudah betul, dan pilih kurir pengiriman yang dirasa lebih bagus.
Panitia pengadaan barang dan jasa dapat memantau status pesanan mulai dari pesetujuan, pemrosesan hingga pengiriman oleh penjual.
![]() |
Tampilan status pesanan |
5. PENERIMAAN BARANG
Setelah pemesanan di proses penjual maka akan segera dikirimkan sekolah menggunakan jasa antar barang. Panita pengadaan barang dan jasa (PBJ) Sekolah akan menerima Barang yang sudah dipesan, selanjutnya untuk melengkapi Berita Acara Serah Terima (BAST) secara elektronik yang ada dalam sistem mitra siplah. Jika barang yang dirikim tidak sesuai, Panitia PBJ dapat meminta penjual untuk memperbaikinya atau melengkapi kekurangan dengan jangka waktu yang disepakati bersama.
Formulir BAST yang telah ditanda tangani wajib diupload/diunggah, beberapa mitra E-BAST tidak perlu ditanda tangani oleh pihak sekolah karena sudah menggunakan elektronik dan dianggap sah
![]() |
Tampilan E- BAST |
8. PEMBAYARAN
Setelah barang diterima oleh sekolah dan barang sudah dicek seuai pesanan baik itu jumlah maupun spesidikasinya, dan sudah dilakukan BAST, lanjut untuk melakukan pembayaran. Bendahara Sekolah melakukan pembayaran secara nontunai melalui aplikasi Mitra Siplah.
Invoice Pembayaran biasanya akan dikirimkan melalui email, setelah pembayaran dilakukan upload juga bukti pembayaran.
Setelah melakukan pembayaran oleh sekolah sesuai nominal transaksi, pihak sekolah dapat mengupload / mengunggah bukti bayar pada kolom unggah berkas sebagai bukti sekolah telah membayar pesanan tersebut.
![]() |
Menu upload bukti bayar |
9. MENDOWNLOAD KELENGKAPAN SPJ
Kelengkapan SPJ, seperti kwitansi maupun format surat-surat lainya dapat Anda download kemudian dicetak. Simpan hasil cetak bersama lampiran SPJ lainya dan tatalah dengan rapi. Ketika suatu saat ada pemeriksaan Sekolah dapat menyajikan SPJ dengan lengkap dan baik.
Kelengkkapan SPJ dapat diunduh stelah melakukan upload berkas bukti pembayaran.
![]() |
Menu download kwitansi |
Comments
Post a Comment